ZULKANAIN HASAN, Mengajak Masyarakat Indonesia Memperingati Hari Film Nasional Setiap Tanggal 30 Maret

Foto: Zulkanain Hasan bersama Nurul Arifin

By : admin I senin 30 Maret 2020

JAKARTA, FIGUR.co.id –Zulkarnain Hasan atau biasa disapa Zulhas mengajak masyarakat Indonesia mengingatkan bahaw hari peringatan film nasional jatuh setiap tanggal 30 Maret, kata Zulhas alasan terhadap pemilihan tanggal tersebut kerena merupakan hari pertama pengambilan gambar film ‘Darah dan Doa’ karya dari Usmar Ismail diperingati sebagai Hari Film Nasional. Di tahun 2020 hari Film Nasional bertepatan dalam masa wabah virus corona Covid-19 yang memaksa semua orang menjaga jarak dan tetap di rumah/Stay At Home, kata Zulhas pada redaksi figur (30/3/2020).

Ketua Bidang Politik dan Ekonomi Korps Nusantara (Komando Organik Politik dan Strategy), dakam film Zulkarnain juga turut mengucapkan selamat hari Film Nasional berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 25 Tahun 1999. Sebelumnya dari salah satu Tokoh Film JB Kristanto didalam buku Katalognya Film Indonesia sejak 1926 – 2020 menjelaskan Dewan Film Indonesia membuat keputusan kerja pada 11 Oktober 1962 untuk menetapkan ‘Darah dan Doa’ sebagai pembuatan film nasional pertama kali. Usmar Ismail – beserta Djamaluddin Malik – menjadi Bapak Perfilman Nasional pertama.

Pada saat di masa penjajahan Jepang juga diproduksi film Indonesia. Ketika itu, film dijadikan sebagai alat propaganda politik. Namun karena film digunakan sebagai propaganda, era ini juga kerap disebut surutnya produksi film nasional. Bahkan, di tahun 1942, perusahaan film Jepang yang beroperasi di Indonesia, hanya bisa memproduksi tiga film yaitu Pulo Inten, Bunga Semboja dan 1001 Malam.

Era selanjutnya, film Indonesia juga masih kental dipengaruhi oleh politik. Hingga pada tahun 1980, perfilman Indonesia sempat menjadi raja di negeri sendiri. Setelah itu, pada era 90an muncul film lain seperti Cinta dalam Sepotong Roti, Ramadhan dan Ramona, serta Petualangan Sherina

Kemudian ada film-film yang memasuki tahun 2000 hingga tahun 2020, dengan segmen yang berbeda-beda. Bahkan di masa ini, film Indonesia juga mendulang sukses secara komersial dan bersinar.”Pungkas Zulhas”

Zulhas juga salah satu figuran, mengemukakan Hari Film Nasional ini adalah sebagai perayaan peringatan tonggak kreativitas anak bangsa sebagai penanda tuan rumah di negeri sendiri. Semakin banyak film Indonesia yang dapat penghargaan menunjukkan kualitas film nasional terus meningkat.

Menurut zulhas, industri film Tanah Air lumayan bisa menandingi Hollywood Amerika Serikat atau Bollywood kepunyaan India. Namun, dia mengungkapkan potensi pengembangan industri sinema sangat besar. Apalagi, film berfungsi sebagai hiburan, pendidikan, serta bisnis.

Selamat Hari Film Nasional buat teman-teman semua yach. Mari ciptakan semangat melawan virus Corona dengan tetap #StayAtHome juga berdoa agar semua segera berlalu dan kita bisa kembali beraktivitas sebelumnya.

 

Facebook Comments
(Visited 88 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *