Lawan Covid-19: #DiRumahSaja sebagai Upaya Memutus Mata Rantai Penularan Virus Corona atau Covid-19

Foto: Ketua Umum Garuda Merah 08, Nurdin Taba.
Editor : Ir. Riza Syahran I Senin, 6 April 2020 I Jam 08.55 WIB

JAKARTA, FIGUR.co.id – Lawan Covid-19 di Indonesia, ini kata Ketua Umum Garuda Merah 08, Nurdin Taba, selain itu menghimbau kepada seluruh Pengurus, Kader dan Simpatisan Garuda Merah 08 di seluruh Indonesia agar #DiRumahSaja sebagai upaya memutus mata rantai penularan Covid-19. Selain itu belum ada yang dapat memproduksi vaksin. Senin (6/4/2020)

Perlu Rekan-rekan ketahui bahwa Virus Corona atau Covid-19 ini sangat berbahaya, tingkat penyebaran perlu diwaspadai, angka kematian di seluruh dunia maupun di Indonesia sudah sangat menghawatirkan.

Jumlah Positif Virus Corona atau Covid-19 di seluruh dunia telah menembus 1 juta kasus dan 53.975 orang meninggal dunia, berdasarkan update yang di tampilan laman CSSE Johns Hopskin, Per Pukul 17.00 WIB (3/4/2020)

Penyebaran Covid-19 di Indonesia berdasarkan Data Gugus Tugas terbaru hasil update, minggu, 5 april 2020, memperlihatkan total jumlah kasus positif Covid-19 telah mencapai 2.273 pasien.

Pasien positif Covid-19 yang sampai sekarang masih menjalani perawatan sebanyak 1.911 orang.

Pasien yang berhasil sembuh juga bertambah menjadi 164 orang.

Jumlah kematian pasien positif Covid-19, yakni menjadi 198 orang. Minggu (5/4/2020)

Cara pencegahan dan penularan nya kami ulas secara singkat, sebagai berikut:

Virus Corona atau COVID-19 hingga saat ini belum ada yang dapat memproduksi vaksin, maka cara yang bisa kita lakukan untuk meredakan pandemi adalah dengan memperlambat penyebaran virus corona atau Covid-19 ini.

Cara yang bisa dilakukan untuk penyebaran virus corona adalah dengan rutin menjaga kebersihan dan secara khusyuk menjalani social distancing. Anda pasti sudah sering mendengar imbauan untuk sering mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer, menutup mulut ketika bersin atau batuk dengan tisu, dan untuk tidak keluar rumah selama 14 hari.

Mengapa cara yang terlihat sederhana ini ampuh untuk memperlambat penyebaran virus? Inti dari semua imbauan yang dikeluarkan untuk mencegah corona adalah untuk tidak membiarkan virus tersebut bisa dengan mudah pindah dari inang yang satu ke inang yang lain.

Jika Anda baru saja memegang benda yang terkontaminasi virus, lalu setelah itu langsung cuci tangan, maka virus akan mati dan tidak sempat menyebar mencari inang baru. Begitupun dengan menutup mulut saat bersin. Virus yang keluar dari liur, justru akan menempel di tisu dan bukan pada orang lain yang bisa menjadi inang baru.

Lalu dengan tidak keluar rumah, berkumpul beramai-ramai atau pergi ke tempat umum, Anda sudah berpartisipasi untuk tidak memudahkan virus mencari inang yang baru. Bayangkan saja betapa mudahnya virus berpindah dari satu orang ke orang lain saat dalam suatu perkumpulan yang melibatkan banyak orang.

Jika cukup banyak orang yang melakukan langkah-langkah pencegahan di atas, maka virus pun akan kesulitan untuk mencari tempat tinggal dan mati. Hingga lama-kelamaan, jumlah orang yang terinfeksi pun akan terus turun dan pada akhirnya, pandemi ini akan reda dan Anda pun bisa kembali beraktivitas seperti biasa.

Facebook Comments
(Visited 27 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *