Kesepakatan Mega-Prabowo di Balik Jatah Kursi Ketua MPR

Bambang Soesatyo resmi didapuk sebagai Ketua MPR periode 2019-2024. Meski didukung mayoritas fraksi, jalan politikus Partai Golkar itu tak sepenuhnya mulus.

Mulanya 9 fraksi dan 1 perwakilan DPD masing-masing mengusung 1 nama sebagai pimpinan MPR. Namun ada 2 nama yang paling kuat pada bursa Ketua MPR yaitu Bambang atau yang karib disapa Bamsoet serta Ahmad Muzani dari Fraksi Parta Gerindra.

Bamsoet mengantongi dukungan lebih banyak fraksi-fraksi di MPR yaitu PDIP, Partai Golkar, Partai NasDem, PAN, dan PPP. Sedangkan Muzani baru didukung partainya sendiri yaitu Gerindra.

Di tengah dinamika Golkar melakukan lobi-lobi makan siang dengan mengundang para pimpinan fraksi. Ketua Fraksi Golkar MPR Zainudin Amali membenarkan bahwa Golkar mengundang para pimpinan fraksi untuk makan siang.

“Kita ini mau menyamakan persepsi kita khusus untuk pemilihan pimpinan MPR kita mau dengan cara bermusyawarah dulu. Kan itu sistem demokrasi kita, sistem demokrasi Pancasila itu kan gitu, mendahulukan musyawarah mufakat. Dalam rangka itu kemudian saya mengundang fraksi-fraksi yang ada di MPR,” ujar Amali, Rabu (2/10).

Belakangan PKS, PKB, dan Partai Demokrat yang belum bersikap turut mendukung Bamsoet. Bahkan dari unsur DPD yaitu Fadel Muhammad yang tadinya terang-terangan mengusung diri sendiri di bursa Ketua MPR berbalik mendukung Bamsoet.

Muzani pun sendirian didukung partainya. Meski begitu Muzani masih optimis menatap kursi Ketua MPR.

Sidang paripurna pemilihan Ketua MPR pada Kamis (3/10) malam sempat beberapa kali diskors. Saat itu Fraksi Gerindra belum hadir sehingga pimpinan sementara MPR Abdul Wahab Dalimunthe menskors sidang.

Hingga pada akhirnya pada pukul 21.00 WIB, skors dicabut setelah Fraksi Gerindra tiba. Muzani juga terlihat di lokasi.

Rupanya Fraksi Partai Gerindra sempat sowan ke Ketua Umum-nya yaitu Prabowo Subianto. Dari sowan itu terungkap ternyata Prabowo lebih dulu bertemu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Untuk kepentingan lebih besar kepentingan persatuan kesatuan kami mengedepankan musyawarah mufakat dan hasil konsultasi Prabowo dengan Megawati,” kata Ketua Fraksi Gerindra di MPR Riza Patria saat paripurna di Gedung Parlemen.

“Maka Prabowo dan Megawati sepakat untuk kepentingan lebih besar kami sepakat menjaga MPR dalam forum musyawarah dalam memutuskan kebijakan penting,” sambungnya.

Ketua MPR sementara, Abdul Wahab lalu memastikan apakah itu berarti Gerindra mendukung Bamsoet jadi Ketua MPR. Riza lalu memberi penegasan.

“Kami Gerindra sudah sepakat mengusung Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR 2019-2024,” tegas Riza.

Setelahnya Bamsoet dan 9 pimpinan MPR lainnya diambil sumpah sebagai Pimpinan MPR 2019-2024. Berikut 10 pimpinan MPR berdasarkan asal fraksi:

1. PDIP: Ahmad Basarah
2. Golkar: Bambang Soesatyo
3. Gerindra: Ahmad Muzani
4. NasDem: Lestari Moerdijat
5. PKB: Jazilul Fawaid
6. Demokrat: Syarief Hasan
7. PKS: Hidayat Nur Wahid
8. PAN: Zulkifli Hasan
9. PPP: Arsul Sani
10. DPD: Fadel Muhammad

Facebook Comments
(Visited 29 times, 1 visits today)