Jokowi: Tes Cepat Deteksi Dini Covid-19 Disebar Ke RS, Puskesmas Hingga Ke Rumah Warga

Siaran pers Presiden Jokowi, jumat (20/3/2020)
Redaksi, Jumat 20/3/2020

JAKARTA, FIGUR.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam siaran pers jumat (20/3/2020) mengatakan, pemerintah telah menjalankan tes cepat (rapid test) mulai dilakukan di wilayah yang berdasarkan hasil pemetaan menunjukan indikasi sebagai daerah paling rawan penyebaran virus Corona, yakni di Jakarta Selatan.

“Hari ini pemerintah telah mulai melakukan rapid test sebagai upaya untuk memperoleh indikasi awal kalau ada seseorang positif terinfeksi Covid-19 ataukah tidak,” ujar Jokowi saat konferensi pers di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (20/3/2020).

Masyarakat bisa mendapatkan obat tersebut? “Obat tersebut akan sampai ke pasien melalui dokter keliling dari rumah ke rumah, melalui rumah sakit dan puskesmas di kawasan terinfeksi,” kata Jokowi.

Berikut penjelasan lengkap Jokowi terkait obat bagi pasien positif corona, seperti dikutip redaksi figur.co.id, Jumat (20/3/2020) :

Pemerintah juga telah menyiapkan obat dari hasil riset dan pengalaman beberapa negara untuk bisa mengobati Covid-19. Ini sesuai resep dokter. Obat tersebut akan sampai ke pasien melalui dokter keliling dari rumah ke rumah melalui rumah sakit dan Puskesmas di kawasan terinfeksi.

Saya minta BUMN farmasi yang memproduksi ini untuk memperbanyak produksinya.

Mengenai antivirus sampai sekarang belum ditemukan dan ini yang saya sampaikan itu tadi obat. Obat ini sudah dicoba oleh 1,2,3 negara dan memberikan kesembuhan yaitu Avigan, kita telah mendatangkan 5.000 dan dalam proses pemesanan 2 juta. Kedua, Chloroquine Ini kita telah siap 3 juta, kecepatan ini yang kita ingin sampaikan kita tidak diam tapi mencari hal-hal, info-info apa yang bisa kita lakukan untuk menyelesaikan Covid19.

Facebook Comments
(Visited 22 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *