1.470 Warga asal Sumbar di Wamena Ingin Pulang ke Kampung Halaman

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menyalami warga asal Sumbar di posko pengungsian di Wamena, Papua
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) mendata ada 1.470 orang warga asal Sumatera Barat, yang ingin pulang dari Wamena, Papua, ke kampung halamannya. Pemprov Sumbar telah menurunkan tim yang dipimpin Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit langsung ke Wamena untuk melihat kondisi langsung warganya di sana pada akhir pekan lalu. “Kami sudah mengunjungi langsung warga di Papua dan melihat langsung keadaan pengungsi di Wamena. Dari data ada 1.470 orang,” kata Nasrul Abit, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (1/10/2019) pagi.

Jumlah itu hanya data sementara dan kemungkinan besar akan bertambah karena masih ada warga asal Sumbar yang belum terdata. “Masih ada yang belum terdata. Bisa mencapai dua ribuan yang ingin pulang,” ujar Nasrul Abit. Nasrul menyebut, ada 200 orang warga keturunan Sumbar yang memilih bertahan di Papua. Hal itu dikarenakan mereka tidak memiliki apa-apa lagi di kampung halaman. Menurut Nasrul, pihaknya juga mempersilakan warga keturunan Minang yang ingin bertahan. Terlebih, mereka yang masih memiliki harta benda yang bisa diselamatkan di Papua.

“Bagi yang masih ingin bertahan melanjutkan kehidupannya di Papua, silahkan saja,” ujar dia. Nasrul menuturkan, untuk memulangkan warga asal Sumbar, pihaknya akan menyiapkan kapal laut untuk mengangkut mereka. “Kalau pulangnya hanya 200 orang bisa dengan pesawat, namun kalau sudah ribuan tentu harus dengan kapal laut,” kata Nasrul.

Facebook Comments
(Visited 2 times, 1 visits today)